Sabtu, 14 Januari 2012

TIK Kls VIII Smt 2


MENGENAL PERANGKAT LUNAK
PENGOLAH ANGKA (EXCEL)

Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data-data. Selain itu, perangkat lunak pengolah angka juga mempunyai kemampuan untuk mengelola data-data tersebut, khususnya data-data yang berupa angka-angka. Perangkat lunak pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis perhitungan dan pengelo­laan angka-angka.
Perangkat lunak pengolah angka sangat berguna untuk membantu pekerjaan manusia yang berhubungan dengan angka. Misalnya saja, penghitungan keuangan di perusahaan-perusahaan, pengolahan data-data statistik, perhitungan angka ­angka hasil penelitian, dan berbagai masalah lainnya.
Sebagai aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka, perangkat lunak pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai operasi. Beberapa operasi yang bisa dilakukan oleh perangkat lunak pengolah angka, antara lain operasi aritmatika, seperti penjumlahan, pengurangan, perka­lian, dan pembagian, operasi statistik, keuangan, logika, dan lain-lain.

Struktur Lembaran Kerja Excel

Satuan dasar penyimpanan data dalam Excel adalah sel, masingmasing sel dapat menampung angka, label atau rumus. Setiap sel diidentifikasikan berdasarkan kolom dan baris dimana sel tersebut berada.
Setiap lembara kerja Excel (Worksheet) memiliki 256 buah kolom, masing-masing kolom ditandai dengan nama-nama kolom secara berurutan berdasarkan huruf. Untuk 26 kolom kolom berikutnya nama kolomnya adalah AA, AB, AC, … AZ, berikutnya BA, BB, BC,… BZ dan seterusnya hingga kolom yang terakhir nama kolomnya adalah IV.
Baris-baris dalam lembaran kerja Excel di indentifikasikan berdasarkan angka, mulai dari angka 1 untuk baris pertama hingga angka 65536 untuk baris terakhir

Memindahkan Pointer
Untuk memindahkan pemilih sel (pointer) kesel yang ingin diaktifkan, untuk berpindah kesel-sel yang tidak nampak, gunakan bar gulung (scrollbar) vertikal atau horizontal sehingga selnya kelihatan, setelah itu klik pada sel yang diinginkan, untuk pindah antara lembaran kerja (sheet) dapat dilakukan dengan cara mengklick pada masing-masing tabnya.

Jenis Data Excel
Ada beberapa jenis data berbeda yang dapat digunakan dalam lembaran kerja Excel
1. Angka
    Angka adalah nilai dimana Excel dapat mengerjakan perhitungan, angka dapat berisi sejumah karakter berikut: :
ü        Digit 0 – 9
ü        Tanda + atau – yang letaknya di muka
ü        $ yang letaknya dimuka
ü        % yang letakknya dibelakang
ü        Tanda kurung
ü        Titik desimal
ü        Koma untuk memisahkan ribuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar